DESA MITRA GEOGRAFI 2014

DESA MITRA GEOGRAFI merupakan wujud aplikasi dari tri dharma perguruan tinggi yang berupa pengabdian masyarakat dan mempunyai pilar utama untuk saat ini yaitu menyangkut pendidikan,pengolahan lingkungan hidup dan pengembangan potensi ekonomi. Sementara itu yang kita ketahui desa merupakan inti untuk menopang kebutuhan dan pembangunan bangsa. Dengan mengabaikan masyarakat desa, maka akan sulit untuk mencapai tujuan pembangunan nasional. Oleh karena itu diperlukan adanya kesadaran dari berbagai macam pihak untuk mewujudkan tujuan pembangunan bangsa. Selama ini pembangunan desa kebanyakan bersifat amal, sementara, dan tidak berkelanjutan. Sehingga perlu adanya paradigma baru pembangunan desa yang bersifat menyeluruh, berkelanjutan, serta pendampingan hingga berhasil.
Berdasarkan status tersebut Himpunan Mahasiswa Geografi Volcano” ingin memberikan pengabdian kepada masyarakat, serta mengaplikasikan pembelajaran yang didapat di perkuliahan kepada masyarakat. Oleh karena itu pada masa bakti Himpunan Mahasiswa Geografi Volcano” pada tahun 2014, menyelenggarakan program kerja yang berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat yaitu Desa Mitra Geografi yang akan dilakukan di daerah Dusun Brau, Desa Gunungsari, kecamatan bumiaji,Kota Batu. Kegiatan pembinaan desa ini difokuskan pada kegiatan pendidikan, kegiatan pengelolaan lingkungan, dan pemberdayaan potensi ekonomi. Dengan serangkaian acara yang akan diikuti semua pihak yang berkaitan dengan pengembangan desa, mahasiswa geografi Universitas Negeri Malang diharapkan mampu menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kehidupan masyarakat dan lingkungannya. Termasuk masyarakat setempat, dan pihak pemerintah setempat untuk menciptakan masyarakat pintar, sehat, mandiri, cinta pada lingkungan serta alam.

Devisi Desa Mitra Geografi 2014  yaitu

Pendidikan : Meningkatkan kesadaran kependidikan kepada masyarakat melalui pendekatan aktif serta progresif agar terciptanya budaya yang mengutamakan kualitas pendidikan.

Lingkungan: Menata keseimbangan dan keteraturan tata lingkungan yang mengedepankan keserasian alam dengan infrastruktur yang ada, sehingga terciptanya kondisi lingkungan yang bersih, nyaman, dan sehat. Memfasilitasi sanitasi serta drainase yang sehat untuk masyarakat menyangkut aktivitas dan kegiatan sosial ekonomi mereka, seperti kegiatan peternakan dan pertanian. Selain itu, membudayakan hidup yang memperhatikan keserasian serta kelestarian ekologis.


Pengembangan potensi ekonomi:  mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa tersebut dan mengoptimalkan SDM dan SDA secara arif supaya bisa meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat yang ditinjau dari tingkat kemisikinan, struktur matapencarian, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, kepemilikan asset lahan, dan kelembagaan.

yuk pilih mana yang menurut kalian yang sesuai dengan minat dan kemampuan kalian :)

UNTUK TATA CARA  PENDAFTARAN VOLUNTIR

DOWNLOAD FORMULIR

ISI FORMULIR DAN PILIH DIVISI YANG DI INGINKAN (PENDIDIKAN,LINGKUNGAN,
PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI)


RUBAH NAMA FILE MS WORD WAKTU MENYIMPAN CONTOH :


KIRIM KE EMAIL hmjgeografi@gmail.com
DENGAN SUBJECT (DESA MITRA GEOGRAFI 2014)


BATAS PENGIRIMAN TANGGAL 16  SEPTEMBER 2014 JAM 15.00 WIB 

UNTUK TES INTERVIEW DILAKSANAKAN TANGGAL 16 SEPTEMBER MULAI JAM 12.00-17.00 WIB 

INFO LEBIH LANJUT

BAYU 08980358583
FAJAR 085735088650

Tidak ada komentar:

Posting Komentar